Tukeran link



Copy kode di bawah masukan di blog anda, saya akan segera linkback kembali

www.iboruka.com

Tukeran link



Copy the code under on your blog, i will linkback

Photobucket

Sabtu, 13 Maret 2010

BAHASA JEPANG KOSA KATA

·U

uisukii = whisky

ureshii = menyenangkan

Urusai = ribut, berisik, rewel

·V

vodoka = Vodka

·W

watashi = saya

lMacam-macam saya

· watashi = aku, saya (modern).

· ware = saya(model lama).

· watakushi = lebih formal.

· atashi = dipakai oleh wanita.

· atakushi = lebih formal.

· Yang di atas adalah yang umum. Yang di bawah adalah versi khususnya.

· boku = bahasa gaul, dipakai oleh lelaki biasanya.

· ore = biasanya dipakai oleh pria, tetapi sangat jarang dipakai.

· washi = Dipakai oleh pria tua ojiisan.

· asshi = Dipakai dari periode Edo, dipakai oleh pria.

· temae = Dipakai oleh para pedagang dari periode Edo, sangat merendah.

· sessha = Dipakai oleh samurai dari periode Edo. Agak merendah.

· ora = Dipakai oleh anak-anak.

· wagahai = Betul-betul tua. Cuma sedikit orang yang mengetahuinya sekarang.

· uchi = Dipakai oleh wanita dan dialek Osaka(Osaka-ben).

· soregashi = Dipakai oleh samurai di periode Edo(saja, tidak dipakai sekarang).

·X

Tidak ada X dalam bahasa Jepang. Yang ada adalah: ekkusu (dalam katakana).

·Y

yasumi = istirahat

· Catatan: oyasuminasai = selamat tidur

yasumimashou = mari kita istirahat

· [___]mashou = mari kita [___]

Contoh:

· hajimemashou = mari kita mulai (hajime = mulai)

· owarimashou = mari kita akhiri (owari = akhir)

· kaerimashou = mari kita pulang (kaeri = pulang)

· main mashou = main mas yuuuk… (main = play )

youkoso = Selamat datang, senang bertemu denganmu.

· Cara rada-rada rumit: Jika anda bisa mandarin, coba jadikan you, ko, sou. You=ada. Ada orangnya nggak? Kalo ada kita sapa (biasa gitu kan kalo kita cari orang). Ko+u=mulut. Ucapkan dengan mulut. Sou, jadikan shou=tangan. Jabat tangan, jika anda baru bertemu pertama kali.

·Z

zaa = Bunyi tiruan hujan zaa-zaa = Bunyi tiruan air zabun = Bunyi tiruan barang jatuh ke air zaku-zaku = Bunyi tiruan menginjak pasir zanbun / zanburi = Bunyi tiruan barang jatuh ke air, bunyi debur

zanpan = Sisa makanan

lPendahuluan

"hajime(???)" = untuk memulai sesuatu

Contoh:

· Hajimemashite(??????) = perkenalkan, ...

· Hajimemashou(???????) = mari kita mulai ...

· Hajimete(????) = baru pertama kali melakukan sesuatu

l Dialog

Nah, karena Haji Memet sudah sampai di pintu gerbang biro jodoh, hafalkan dialog di bawah ini:


Bahasa Jepangnya:

(H)aji: Ohayo gozaimasu.

(T)eshi & (S)itie : Ohayo gozaimasu.

(membalas salam)

(T)eshi: Hajimemashite, watashi wa Uwa Teshi desu. Douzo.

(biar sopan, sambil nyerahin doz kado sebagai hadiah).

(H)aji: Hajimemashite, watashi wa Haji Memet desu. Douzo yoroshiku

(T)eshi: Memet-san, kochira wa Mama Sitie-san desu.

(S)itie: Hajimemashite, watashi wa Mama Sitie desu.

Douzo yoroshiku onengaishimasu

Arti Bahasa Indonesianya:

(H)aji: Selamat pagi.

(T)eshi & (S)itie : Selamat pagi (juga).

(T)eshi: Perkenalkan, saya adalah Uwa Teshi gitu loh. Silahkan (sopan).

(H)aji: Perkenalkan, saya adalah Haji Memet gitu deh. Silahkan juga (lebih sopan).

(T)eshi: Tuan Memet, yang ini adalah Nona Mama Sitie gitu loh.

(S)itie: Perkenalkan, saya adalah Mama Sitie gitu deh. Silahkan juga (paling sopan).


Setelah perkenalan itu, Haji Memet langsung ngebet ingin melamar Mama Sitie yang cantik (tapi hamil). Karena Haji Memet kaya raya, akhirnya Mama Sitie pun menerima lamarannya, dan mereka pun menikah saat itu juga.


Demikianlah asal-usul perkenalan singkat mereka. Tak heran setiap kali orang Jepang berkenalan, mereka tidak lupa untuk selalu menyebut pendahulu mereka, Mama Sitie yang sekarang sudah bergelar Haji: Haji Mama Siti (dibaca: hajimemashite).

· Kosa kata yang akan dihafalkan

· ohayou = selamat pagi

· ohayo gozaimasu = (lebih sopan) selamat pagi,

· hajimemashite atau hajimemashite? = perkenalkan atau bagaimana kabarmu? watashi = aku

· douzo = silahkan atau Inggrisnya "Nice to meet you."

· douzo yoroshiku = silahkan atau Inggrisnya "Nice to meet you."

(lebih sopan,

· douzo yoroshiku onengaishimasu = silahkan atau Inggrisnya "Nice to meet you."

· wa = adalah

· desu = (gitu) deh / (gitu) loh kore atau kono= ini kochira = yang ini Tata bahasa baru

· [____] wa [____] desu = [____] adalah [____] gitu loh / gitu deh

Contoh:

· [_Watashi_] wa [_Memet_] desu = [_Saya_] adalah [_Memet_] gitu loh

· [_Kochira_] wa [_Teshi_] desu = [_Yang ini_] adalah [_Teshi_] gitu deh

· [____] san atau [____] sama= tuan [____]

Gunanya:

· Untuk menunjukkan penghormatan terhadap seseorang

Contoh:

· [_Memet_] san = Tuan [_Memet_]

· [_Teshi_] sama = Oom/Tante [_Teshi_]

· [_Siti_] san = Nyonya [_Siti_]

lUngkapan-Ungkapan di Dalam Kelas

NOTE: belum ada cara konyol untuk menghafalkannya, akan dibuatkan segera :)

· hajimemashou = mari kita mulai

· owarimashou = mari kita akhiri

· yasumimashou = mari kita beristirahat

· [___] kudasai = tolong [___] dong...

Contoh:

· mit

Biasanya ngapain?

Itsumo nani shiten no?
Kamu Cute banget deh cantik de.

Kimi tte hontou ni kawaii ni kirei dayo
Sifat kamu menyenangkan

kimi no seikaku suki dayo
Kamu menarik.

Kimi tte miryo kuteki dane
Aku pengen/seneng ngomong sama kamu

kimi to motto hanashitai
Aku suka rambut kamu

kimi no heiru ga suki
Pakaian mu trendy/bagus deh

fuku no sensu ga ii na
Udah punya pacar/pasangan belom?

Tsukiatteru hito iru?
Kamu pasti udah punya pasangan

kareshi ippai irun darou
Kamu populer sih

Moteru darou
Aku selalu kepikiran kamu

kimi no koto ichinichi ju kangaeteru yo
Aku ngga bisa berhenti mikirin kamu

kimi no koto bakkari kangaeteta
ntar Malam ngapain yuk

Kon ya nani shitai?
Kencan (ama gue) yuk

Boku to dekakenai
Semoga berguna

· Ajakan

Untuk mengajak, biasanya ditambahkan kata "mashoo" di belakang kata.

Contoh:

· hajimemashou = mari kita mulai

· owarimashou = mari kita akhiri

·Jawaban Terhadap Ajakan

Jawaban: Ya, mau

· hai, so shimashou = baiklah!

Cara lain:

· karimashita

· sore kara karimashita

Jawaban: Tidak! Tidak mau

· iie, arigatou = Nggak mau!

· Masuk Kelas TELAT!!

(ini akan berguna sekali buat yang suka telat, silahkan dipraktekkan)

Shitsurei-shimasu = Ma'af mengganggu(karena telat).

· sh*t! gw lagi enak-enaknya berkencan sama permaisurei, diganggu sama pengawal kerajaan...

· sh*t! gara-gara kencan sama permaisurei, gw telat datang ke kelas...

Okurete sumimasen = Sorry gue telat.

· Mohon tidak disalah gunakan (sengaja datang telat cuma supaya bisa bilang "shitsurei-shimaaasu, okurete sumimaseeeen ").

· KepeMILIKkan

Menyatakan "milik" dalam bahasa jepang cukup dengan menambahkan artikel "no"

· Watashi/Atashi/Boku/Ore no = Milik Saya. (ket:OOT: Watashi/Atashi/Boku/Ore artinya sama yaitu "gue". Pilih salah satu, jangan kemaruk.)

· Anata/Kimi/Omae no = Milik Kamu. (ket:OOT lagi: Anata/Kimi/Omae artinya sama yaitu "Elo". Pilih juga salah satu, sesuai tempat dan keadaan.)

· Kanojo no = Milik dia(perempuan).

· Watashi no KURuma = Mobil gue / My CAR. Kalau mengikuti urutan kata maka artinya: "Owa Punya Mobil"

· Anata no BASu = Lu Olang punya Bus.. HAAAIIYAAAAA..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

ShoutMix chat widget